WEBSITE PROFIL KECAMATAN

Pemerintah Kota Yogyakarta

Kelembagaan

Home » Kelembagaan Info Layanan

Layanan yang diselenggarakan di Kelurahan/Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta:

  • Pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
Prosedur:

 Pemohon datang sendiri ke Kelurahan dengan membawa surat dari RT,RW, kemudian mengisi blangko dan dibawa ke Kecamatan.

Di Kecamatan akan dilayani oleh Seksi Pelayanan Informasi dan Pengaduan,kemudian pemohon menunggu giliran untuk foto identitas dengan latar belakang sesuai dengan Tahun kelahiran, untuk ganjil berlatar belakang merah dan untuk genap berlatar belakang biru.

Bagi yang terlambat lebih dari 15 hari akan dikenakan denda sebesar Rp. 16.000,- yaitu : denda Rp. 15.000,- dan penggantian blangko Rp.1.000,- denda tersebut tidak terkecuali juga dikenakan pada pemohon perpanjangan KTP maupun pemohon KTP baru yang berusia 17 tahun apabila terjadi keterlambatan.

  • Pembuatan KK (Kartu Keluarga)
Prosedur:

             Bagi pemohon baru bukan pindahan :

             datang ke Kelurahan dengan membawa surat dari RT, RW kemudian pemohon mengisi blangko permohonan KK dan biodata selanjutnya pemohon meneruskan permohonan ke Kecamatan untuk mendapatkan KK. Pemohon akan menerima tanda bukti untuk pengambilan KK yang sudah selesai proses. Pemrosesan diperkirakan memakan waktu sekitar 5 hari kerja.

Bagi pemohon baru  dari pindahan antar Kota/kabupaten/provinsi

Pemohon mengajukan permohonan masuk menjadi penduduk Kota Yogyakarta ke Dinas Kependudukan Kota Yogyakarta Komplek Balaikota Yogyakarta Jalan. kenari 56 Yogyakarta.

Setelah mendapatkan ijin maka pemohon melaksanakan proses seperti diatas.

Pengantar Surat Nikah.

Pemohon melapor ke RT/RW kemudian datang ke Kelurahan mohon NA.1 dengan menyertakan kelengkapan permohonan antara lain :

1. Surat pengantar RT/RW

2. Fotocopy KTP yang bersangkutan dan orang tua serta C1/KK

Kemudian menuju Kecamatan mohon pengantar nikah dengan menunjukkan berkas dari kelurahan,selanjutnya dibawa ke KUA setempat untuk melaporkan diri. Pelaporan pernikahan minimal 10 hari sebelum tanggal pelaksanaan nikah, dikecualikan bagi yang membawa dispensasi dari Camat dapat melaporkan diri kurang dari 10 hari dari tanggal pelaksanaan nikah.

Permohonan SKCK.

 Pemohon datang ke Kelurahan dengan membawa surat pengantar RT/RW dan membawa pas foto secukupnya, kemudian dilanjutkan ke Kecamatan untuk mendapatkan legalisasi dan diteruskan ke Polsek setempat.

Keterangan Keringanan Biaya Rumah Sakit.

Pemohon datang ke Kelurahan dengan membawa pengantar RT/RW dan kartu Jamkesda bagi yang memiliki setelah selesai proses dilanjutkan ke Kecamatan untuk mendapatkan legalisasi kemudian diteruskan ke Dinas sosial, nakertrans setempat untuk mendapatkan pengesahan.